IMG-LOGO-X
Home Berita Petuah Sang Kiai untuk Pemilu 2024
Menuju Pilpres 2024

Petuah Sang Kiai untuk Pemilu 2024

Minggu, 30 April 2023 138 Views 0 Comment
petuah-sang-kiai-untuk-pemilu-2024

 

Penulis Heryanto 

 

Nasehat KH. Hasan Abdullah Sahal (Pimpinan Pondok Pesantren Gontor) ketika ditanya, bagaimana seharusnya sikap kita pada Pemilihan Umum (pemilu) 2024 nanti?

 

Pak Kiai Sahal menjawab pertanyaan dengan bertanya, “Kamu mau pilih yang BENAR atau yang MENANG? Kalau pilih yang benar, belum tentu menang, kalau pilih yang menang, belum tentu benar.”

 

Dijawab oleh yang bertanya, “Saya tentu pilih yang benar dan bakal menang Kiai.”

 

Pak Kiai Sahal menjawab, “Wah, berarti kamu tidak paham pertanyaan saya.”

 

Pak Kiai Sahal melanjutkan, “Kalau saya mantap pilih yang BENAR. Karena hisabnya ringan nanti di akhirat. Kalau tidak menang, di dunia hanya kalah sebentar.

 

Yang hadir menjadi terdiam, membayangkan hisab yang berat nanti di akhirat jika salah memilih jalan. Termasuk jalan politik.

 

Lalu beliau melanjutkan, “Tapi jauh yang lebih penting adalah mengetahui parameter KEBENARAN. Jangan ikuti orang yang benar, karena boleh jadi besok dia bisa salah. Tapi ikutilah KEBENARAN, maka kamu akan tahu siapa yang BENAR.”

Tinggalkan Komentar



Komentar

Image Description
John Doe
5 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. A doloribus odio minus, magnam nisi repellendus aspernatur reiciendis sit dignissimos expedita eius deserunt! Saepe maxime ipsam quo minus architecto at sequi.