IMG-LOGO-X
Home Berita Pesan Keagamaan Ustad Jahon Pada Halal Bihalal Keluarga Besar Tau Samawa Perantauan di Jabodetabek
INFO IKASUM JAYA

Pesan Keagamaan Ustad Jahon Pada Halal Bihalal Keluarga Besar Tau Samawa Perantauan di Jabodetabek

Minggu, 21 Mei 2023 96 Views 0 Comment
pesan-keagamaan-ustad-jahon-pada-halal-bihalal-keluarga-besar-tau-samawa-perantauan-di-jabodetabek

 

GARANEWS.id _ Keluarga besar masyarakat Sumbawa atau tau Samawa yang tinggal di Jakarta Bogor Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) menggelar Halal Bihalal di Aula GOR Pagadegan, Jakarta Selatan, Sabtu, 20 Mei 2023.

 

Halal Bihalal dilaksanakan masih dalam suasana Syawal 1444 Hijriah diinisiasi oleh Ikasum Jaya dan HKSB berlangsung meriah penuh rasa kebersamaan dan kekeluargaan yang disemangati rasa perantauan.

 

Hadir pada acara tersebut tidak saja sejumlah tokoh asal Tana' Samawa (Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Sumbawa Barat), tetapi juga sederet tokoh Mbojo. 

 

Dari tokoh Samawa, di antaranya Fahri Hamzah, Amir Jawas dan Yudiar Abdulkadir. Sementara Mbojo, anggota DPR Muhammad Syafruddin, dr. Sanusi. Mewakili Gubernur NTB adalah Asisten III Wirawan Ahmad dan Asisten I Setda KSB mewakili Bupati KSB. Hadir juga Ahmad Salim pimpinan PT AMNT.

 

Memberikan Pesan Sejuk

 

Dalam ceramahnya, Rahim Mahmud yang akrab disapa Ustad Jahon menyampaikan, momentum Halal Bihalal yang diadakan Ikasum Jaya dan HWKSB ini merupakan semangat dalam melestarikan budaya orang orang Sumbawa terdahulu yang senantiasa mengedepankan silaturrahmi. Sehingga buah manis Halal Bihalal kali ini kita nikmati dalam rasa menyatu bahwa kita bersaudara dalam satu ikatan tali batin keluarga besar Tana' Samawa Intan Bulaeng yang kaya khasanah budaya bersendikan Syara dan Kitabullah.

 

Rampil memukau mengusung tema ceramah "Memperkokoh silaturrahim, modal utama hidup merantau menurut filosofi adat Sumbawa yang sejalan dengan syariat Islam", lebih jauh Ustad Jahon menjelaskan, bahwa sejatinya Halal Bihalal adalah manifestasi lanjutan dari Idul Fitri yang dirayakan tiap 1 Syawal sebagai Hari Kemenangan dari kewajiban berpuasa sebulan penuh.

 

"Alhamdulillah hari ini di tempat ini kita keluarga besar tau dan Tana' Samawa perantauan dapat menikmati salah satu rahmat Allah yang tak terhingga yaitu dapat menjalin silaturrahim dan halal bihalal untuk merekat 

rasa cinta dan kasih sayang sesama perantau," pesan Ustad Jahon, yang diliput Fuadi Syam dan Parama Sumbada dari GARANEWS.id Biro Jakarta.

 

Oleh karena itu, lanjutnya, Halal Bihalal yang disemangati semangat silaturrahim ini diharapkan dapat mewujudkan harmoni sosial tiap diri kita sesama perantau dengan menyatukan hati dan pikiran.

 

"Ketika bulan Ramadhan hati kita begitu jernih, karena puasa menghilangkan iri hati hasad dan dengki, maka saat Idul Fitri kita saling memaafkan kemudian hari ini kita bertemu dan bersalaman dalam suasana mempererat tali batin," ucap alumni Gontor dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu.

Tinggalkan Komentar



Komentar

Image Description
John Doe
5 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. A doloribus odio minus, magnam nisi repellendus aspernatur reiciendis sit dignissimos expedita eius deserunt! Saepe maxime ipsam quo minus architecto at sequi.