IMG-LOGO-X
Home Berita Komentar Pasca Beroperasinya Bandara Kertajati di Majalengka dan Ditutupnya Bandara Husein di Kota Bandung
BERANDA JAWA BARAT

Komentar Pasca Beroperasinya Bandara Kertajati di Majalengka dan Ditutupnya Bandara Husein di Kota Bandung

Rabu, 26 Juli 2023 65 Views 0 Comment
komentar-pasca-beroperasinya-bandara-kertajati-di-majalengka-dan-ditutupnya-bandara-husein-di-kota-bandung

 

GARANEWS.id _ Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung resmi ditutup setelah Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat resmi beroperasi. Menurut rencana, bandara baru ini operasi penuh pada Oktober 2023. Namun menuai pro kontra oleh warga yang kerap bepergian menggunakan pesawat dari Bandara Husein Sastranegara.

 

Mahasiswa Universitas Padjajaran (Unpad), Izzah (27 tahun), menyampaikan, sikap tidak setuju dengan rencana peralihan rute penerbangan itu. Menurut mahasiswa asal Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan tersebut, jarak antara Kota Bandung dan Bandara Kertajati terlalu jauh. Selain akses belum terjangkau, ia juga mendapati transportasi publik menuju bandara terbesar di Provinsi Jabar itu sangat terbatas.

 

Penutupan Bandara Husein, dialihkan ke Bandara Kertajati, dianggap memberatkan warga dari Bandung karena mahalnya tarif tol Cisumdawu.

 

"Jauh banget dari Bandung, transportasi juga tidak memadai, jadi mending dari Soetta (Bandara Soekarno-Hatta) aja sekalian kalau kaya gitu," ujar Izzah dilansir Republika.id di Kota Bandung, Senin 24 Juli 2023.

 

Mahasiswa Unpad lainnya, Tia (26) juga menyampaikan penolakan atas rencana pemerintah pusat tersebut. Mahasiswa asal Kota Solok, Provinsi Sumatra Barat tersebut menilai, lokasi Bandara Kertajati memiliki jarak cukup jauh dari Kota Kembang. Sehingga jika bepergian memerlukan durasi lebih lama dan tiket berpotensi juga melonjak. "(Bandara Kertajati) itu jauh, transport susah, harga tiket juga mahal karena penumpang pasti berkurang," ucap Tia.

 

 

Sementara itu, Azi (26), warga Kopo, Kota Bandung, menganggap, sejatinya kebijakan Kementerian Perhubuangan (Kemenhub) itu memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya adalah Bandara Kertajati memiliki luas ruang tunggu dan panjang landasan dibandingkan Bandara Husein Sastranegara. Dia menyebut, Bandara Kertajati sangat mendukung untuk menampung lebih banyak rute penerbangan, baik nasional maupun internasional.

 

"Sedangkan di Husein itu karena lebih kecil jadi ada beberapa penerbangan yang tidak tersedia jadi harus ke Soetta," ujar Azi. Di sisi lain, ia mencatat, akses menuju Kertajati masih kurang memadai. Hal itu jelas menyulitkan calon penumpang.

    

Meski jarak Bandung ke Bandara Kertajati relatif lebih dekat daripada ke Bandara Soeta di Kota Tangerang, Banten, tapi sejumlah warga Bandung merasa lebih nyaman ke Bandara Soeta karena siap melayani bermacam maskapai. Bandung ke Bandara Kertajati ditempuh sekitar 1 jam melalui tol baru, tol Cisumdawu.

Tags:

Tinggalkan Komentar



Komentar

Image Description
John Doe
5 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. A doloribus odio minus, magnam nisi repellendus aspernatur reiciendis sit dignissimos expedita eius deserunt! Saepe maxime ipsam quo minus architecto at sequi.