IMG-LOGO-X
Home Berita Ganjar Tolak Israel Berujung Gigit Jari, Piala Dunia U-20 di Indonesia Resmi Batal
Piala Dunia U-20

Ganjar Tolak Israel Berujung Gigit Jari, Piala Dunia U-20 di Indonesia Resmi Batal

Kamis, 30 Maret 2023 154 Views 0 Comment
ganjar-tolak-israel-berujung-gigit-jari-piala-dunia-u-20-di-indonesia-resmi-batal

 

GARANEWS.id _ Indonesia akhirnya batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 setelah dicoret FIFA. Sejumlah kritik pun datang kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, yang sempat terang-terangan menolak timnas Israel bermain di Indonesia.

 

Ganjar beralasan penolakan itu dilakukan karena dia memegang teguh amanat Bung Karno untuk terus mendukung kemerdekaan Palestina. Namun kini Ganjar juga mengaku kecewa karena Piala Dunia U-20 tak jadi digelar di Indonesia.

 

Berikut ini kronologi Ganjar tolak Israel hingga kini kecewa Piala Dunia U-20 batal digelar di Indonesia, dikutip GARANEWS.id dari detikjateng, 30 Maret 2023.

 

Kamis, 23 Maret 2023.

Untuk pertama kalinya Ganjar menyuarakan penolakannya terhadap timnas Israel. Ganjar menyebutkan penolakan itu wujud dari upaya bersama untuk mendukung kemerdekaan Palestina sesuai dengan amanat Presiden RI pertama, Sukarno.

 

“Kita sudah tahu bagaimana komitmen Bung Karno terhadap Palestina, baik yang disuarakan dalam Konferensi Asia-Afrika, Gerakan Non-Blok, dan maupun dalam Conference of the New Emerging Forces. Jadi ya kita ikut amanat beliau,” kata Ganjar dalam keterangan tertulis, Kamis, 23 Maret lalu.

 

Ganjar mendukung sikap PDI Perjuangan yang menolak kehadiran tim nasional Israel dalam perhelatan Piala Dunia U-20 di Indonesia. Ia meminta panitia bersama pihak terkait mengupayakan langkah terobosan agar penyelenggaraan Piala Dunia U-20 bisa berjalan tanpa mengorbankan komitmen pendiri bangsa.

 

“Sehingga penyelenggaraan Piala Dunia U-20 bisa dilakukan tanpa mengorbankan komitmen panjang kita untuk mewujudkan Palestina merdeka serta tetap menjaga kedamaian sosial-politik di dalam negeri Indonesia,” tutupnya.

 

Senin, 23 Maret 2023.

Ganjar menolak timnas Israel bermain di Piala Dunia U-20 yang bakal digelar di Indonesia. Ganjar lalu menyerahkan keputusan soal timnas Israel di Piala Dunia U-20 ini ke pemerintah pusat dan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

 

Kamis, 30 Maret 2023.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku ikut kecewa karena Indonesia dicoret FIFA sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Ia juga masih berharap ada keputusan terbaik setelah ini.

 

Ganjar langsung dihujani pertanyaan oleh wartawan soal batalnya Piala Dunia U-20 digelar di Indonesia karena banyak yang mengaitkan dengan pernyataan Ganjar soal penolakan timnas Israel. Ia pun menjawab menunggu keputusan resmi berupa surat.

 

Ditanya soal kekecewaan, Ganjar mengaku kecewa. Menurutnya, persiapan sudah dilakukan sejak lama. Ia juga menjelaskan sebelum dia mengeluarkan pernyataan soal penolakan Timnas Israel, sudah ada komunikasi dan ada peluang digelar secara co-host.

 

“Ya kecewa lah kita sudah siapkan sejak awal kok. Kan tinggal beberapa catatan saja yang bisa kita lakukan. Kalau boleh sampaikan, di awal-awal yang berkomunikasi sebelum saya ber-statement kepada seluruh kementerian, termasuk PSSI adalah peluang-peluang co-host sehingga relasi antarnegara, konstitusinya terpegang, olahraga berjalan,” kata Ganjar setelah mendampingi MenPAN-RB di gedung Gradhika Bakti Praja, Kota Semarang, Kamis ini.

Tinggalkan Komentar



Komentar

Image Description
John Doe
5 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. A doloribus odio minus, magnam nisi repellendus aspernatur reiciendis sit dignissimos expedita eius deserunt! Saepe maxime ipsam quo minus architecto at sequi.