IMG-LOGO-X
Home Berita Bang Zul di Mata Lahir Batin Ummat Hindu: Silaturrahminya Luar Biasa tak Bedakan Agama (Episode 3)
Menuju Pilkada 2024

Bang Zul di Mata Lahir Batin Ummat Hindu: Silaturrahminya Luar Biasa tak Bedakan Agama (Episode 3)

Kamis, 08 Juni 2023 274 Views 0 Comment
bang-zul-di-mata-lahir-batin-ummat-hindu-silaturrahminya-luar-biasa-tak-bedakan-agama-episode-3

Pengantar Redaksi : 

Bang Zul, nama familiar Zulkieflimansyah akan berakhir masa jabatannya sebagai Gubernur NTB bersama Wakil Gubernur Sitti Rohmi Djalillah pada 18 September 2023. Tulisan episode 3 ini menurunkan pendapat dan komentar salah satu tokoh sentral ummat Hindu NTB Gede Wenten, lanjutan dari pendapatnya di episode 2.

 

GARANEWS.id _ Kehadiran Gubernur NTB Zulkieflimansyah di tengah masyarakat Hindu membawa kesejukan rasa yang tak bisa dibanding dengan apapun. 

 

Demikian diungkapkan salah satu tokoh sentral ummat Hindu NTB, Gede Wenten mengawali bincang khusus bersama GARANEWS.id pada Selasa lalu.

 

Ia memaparkan, kehidupan seringkali menyajikan hal-hal yang menguji kepedulian, termasuk menguji kepedulian Bang Zul, sapaan akrab Gubernur NTB terhadap rakyat yang dipimpinnya dalam lima tahun ini.

 

Saat ditanya, apa saja kepedulian atau perhatian Bang Zul kepada masyarakat Hindu NTB? Wenten menjelaskan panjang lebar.

 

"Saya tidak bisa menyebutkan satu persatu karena apa yang diberikan Pak Gubernur bukan bantuan atau materi, tapi perhatian beliau yang luar biasa terhadap ummat Hindu," ucapnya.

 

Bagi masyarakat Hindu yang merupakan penganut agama mayoritas urutan kedua setelah Islam di NTB, menurut Gede Wenten, perhatian Bang Zul sangat dirasakan.

 

Sebabnya, tutur Wenten, perhatian Bang Zul sangat sesuai dengan harapan masyarakat Hindu NTB hanya meminta keadilan yang proporsional, yaitu sering sering melakukan silaturrahmi, bukan bantuannya.

 

"Kami dari beberapa tokoh Hindu seringkali menyerap aspirasi masyarakat Hindu terutama rakyat akar rumput yang menyimpulkan bahwa yang diminta dari Gubernur NTB bukan bantuan tapi silaturrahminya," tandas Wenten.

 

Di mata lahir maupun mata batin ummat Hindu NTB, jelas Wenten, Bang Zul menggores sejarah baru sebagai Gubernur NTB yang paling sering membangun komunikasi silaturrahmi dengan masyarakat Hindu.

 

"Sepanjang sejarah sejak lahirnya Provinsi NTB, kami mencatat hanya Gubernur Zulkieflimansyah yang sangat sering hadir dan silaturrahmi di tengah ummat Hindu dalam berbagai kegiatan ummat Hindu sampai ke pelosok terpencil sekalipun," ungkapnya.

 

Ditambahkan Wenten, Bang Zul tetap memenuhi undangan berbagai kegiatan ummat Hindu, kecuali berhalangan karena mendadak tugas ke luar daerah. Bahkan, lanjutnya, Bang Zul membaur di tengah masyarakat Hindu di desa desa, yang kuat tokoh Hindunya.

 

Ketika bulan bulan awal dilantik sebagai gubernur, tambah Wenten, Bang Zul dibawa pertama kali ke Pura Tambang Elek di Kecamatan Kuripan, Kabupaten Lombok Barat.dihadiri 450 tokoh Hindu.

 

"Kehadiran Bang Zul kala itu di Pura Tambang Elek ternyata kemudian menjadi awal yang menyenangkan masyarakat Hindu yang terawat baik hingga sekarang," ucapnya.

 

Ummat Hindu NTB tercatat lebih dari 200 ribu yang punya hak pilih dalam pemilu 2024 mendatang. Gede Wenten meyakini, mereka tidak berpaling ke calon gubernur lain

 

"Saya dan tokoh-tokoh Hindu lain yakin mayoritas Hindu tetap solid mendukung Bang Zul di Pilkada nanti," pungkas Wenten (Baca: GARANEWS.id dua hari lalu).

 

Dalam catatan Gede Wenten bahwa mayoritas ummat Hindu berada di Kota Mataram mencapai 72 ribu hak pilih, Lombok Barat 57, Lombok Utara dan daerah lainnya termasuk Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat cukup signifikan. (Bersambung ke episode 4).

Tinggalkan Komentar



Komentar

Image Description
John Doe
5 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. A doloribus odio minus, magnam nisi repellendus aspernatur reiciendis sit dignissimos expedita eius deserunt! Saepe maxime ipsam quo minus architecto at sequi.