IMG-LOGO-X
Home Berita Anas Urbaningrum: Caleg PKN dari Dapil Bogor Raya Harus Seperti Pohon Berbunga
PEMILU 2024

Anas Urbaningrum: Caleg PKN dari Dapil Bogor Raya Harus Seperti Pohon Berbunga

Minggu, 26 November 2023 220 Views 0 Comment
anas-urbaningrum-caleg-pkn-dari-dapil-bogor-raya-harus-seperti-pohon-berbunga

GARANEWS.id _ Minggu 26 November 2023 pagi. Sekitar 200 kader Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) Bogor Raya berkumpul di Kota Bogor menyambut kehadiran Ketua Umum PKN, Anas Urbaningrum untuk melakukan anjangsana dalam rangka memberi pembekalan menjelang pemilu 2024.

 

Silaturrahmi AU, sapaan familiarnya, masih dalam suasana Hari Ulang Tahun ke 2 PKN yang jatuh pada 28 Oktober 2023 lalu.

 

Ketua Panitia Pelaksana, Ir. Yonathan Nugraha mengatakan agenda dibuka dengan menanam pohon buah dan pohon tanaman keras di Leuweung Kota, Kawasan Bogor Nirwana Residence, Kelurahan Rangga Mekar, Kecamatan Bogor Selatan bersama jajaran Pengurus Pusat, Pengurus Daerah Jawa Barat dan Pengurus Cabang Kota dan Kabupaten Bogor.

 

"Anas menanam pohon buah kampung yang sudah mulai langka. Pohon jamblang atau di beberapa daerah dikenal dengan sebutan pohon buah duwet," ujar Bung Yon, sapaan gaul Yonathan Nugraha kepada tim liput GARANEWS.id di arena acara.

 

Pada kesempatan tersebut, Anas mengawali pembekalannya dengan menyampaikan ilustrasi 

kepada salah satu pohon jambu bol yang sudah mulai berbunga. Dikatakan, bahwa ibarat pohon yang akan ditanam ini, sudah keluar bunga. Selanjutnya, harus dirawat, tanahnya digembur, diberi pupuk sehingga menghasilkan buah yang diharapkan.

 

"Caleg PKN ya seperti tanaman itu. Harus merawat konstituennya di dapil (daerah pemilihan) masing-masing. Dijaga, dipupuk terus hubungannya, sehingga menghasilkan harapannya sebagai caleg," ucap Anas memecut semangat sekitar 200 peserta acara Pembekalan Caleg DPR RI Jabar 3 dan 5, Caleg Provinsi serta caleg Kota/ Kabupaten se Wilayah Bogor, yang disebut Bogor Raya.

 

Ditegaskan Anas, caleg di wilayah Bogor Raya ini harus mampu memecah 'telur' PKN menjadi anak-anak legislator yang amanah dan cakap. 

 

Dia sangat berharap dari wilayah ini melahirkan legislator, mengingat jumlah dan potensi serta semangat kekompakan para pimpinan partai dengan calegnya cukup harmoni.

 

Ketua Pimpinan Daerah PKN Jawa Barat, Dr. Lukman Malanuang memberi apresiasi atas gerakan hijau yang dilakukan kader PKN bersama caleg di Bogor.

 

Saat ini, dia katakan, soal isu lingkungan sudah menjadi isu penting di dunia. Karena itu, Lukman sangat mendukung kegiatan kader partai, khususnya para caleg dan Pimpinan Cabang, melaksanakan kegiatan tanam pohon di bantaran Kali Cisadane yang merupakan kelender kegiatan Ulang Tahun PKN ke 2 tahun ini.

 

Lebih lanjut soal pentingnya kegiatan menanam pohon, Anas Urbaningrum berharap masyarakat sadar betul akan pentingnya terlibat aktif dalam kegiatan penghijauan lingkungan.

 

"Indonesia bisa tandus dan hancur kalau kita berhenti menanam pohon. Kita butuh oksigen dari pohon untuk bernafas. Kita harus mulai menanam pohon dari rumah. Lantas ke lingkungan lebih luas lagi. Tanam pohon itu ibarat menanam harapan masa depan," tegas mantan Ketua Umum PB HMI ini menitip harapan.

 

Sementara itu, dalam acara yang dipandu langsung oleh Ketua Pimpinan Cabang PKN Kota Bogor Andhika Karuna, pengelola Hutan Kota di Kota Bogor Heri Herianto diberi kesempatan menyampailan pengalamannya sebagai aktivis lingkungan hidup. Dikatan bahwa sekitar tahun 2011 dia mulai melakukan penanaman pohon di sisi pinggir kali Cisadane. Itu juga karena di kawasan ini pernah longsor. 

 

Awalnya dia memulai aktivitasnya dengan mengumpulkan anak-anak jalanan, melatih mereka sehingga memiliki ketrampilan menata lingkungan. Baik tentang pengelolaan sampah maupun penghijauan daerah 'bibir' sungai, khususnya Sungai Cisadane.

 

Ketua Kelompok Taruna Tani Nusa Organik Kelurahan Rangga Mekar ini sudah banyak mendapat pernghargaan dari pemerintah maupun NGO dalam dan luar negeri. Dia pernah mensulap bekas ratusan ton tumpukan sampah Kota Bogor di pinggir Kali Cisadane menjadi kawasan yang sekarang tanpak hijau dan asri. Proyek itu dimulai pada tahun 2012 dengan dukungan 5000 pohon buah dan tanaman keras dari PT Pertamina. Atas pengabdiannya yang luas biasa terhadap lingkungan hidup, dia mendapat hadiah belajar menejemen pengelolaan sampah di Jepang dan teknologi pemanfaatan limbah sampah di Jerman.

 

Agenda siangnya dilanjutkan marathon dengan pembekalan caleg di lokasi Kebun Benih Jimmy Hantu di Kawasan Ciapus, Kabupaten Bogor. Tidak kurang 200 orang peserta pembekalan para caleg hadir sambil menikmati keindahan kebun buah JH yang memang tampak tumbuh subur dan berbuah unggul.

(Berita berlanjut ke edisi ke dua).

Tinggalkan Komentar



Komentar

Image Description
John Doe
5 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. A doloribus odio minus, magnam nisi repellendus aspernatur reiciendis sit dignissimos expedita eius deserunt! Saepe maxime ipsam quo minus architecto at sequi.