IMG-LOGO-X
Home Berita Ketua Bappilu Partai NasDem Sumbawa Zulfikar Demitry: Pers Harus Berani Suarakan Kebenaran Berdasarkan Fakta
Nasional

Ketua Bappilu Partai NasDem Sumbawa Zulfikar Demitry: Pers Harus Berani Suarakan Kebenaran Berdasarkan Fakta

Jumat, 10 Februari 2023 169 Views 0 Comment
ketua-bappilu-partai-nasdem-sumbawa-zulfikar-demitry-pers-harus-berani-suarakan-kebenaran-berdasarkan-fakta

GARANEWS.id _

Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 telah digelar di Medan pada Kamis, 9 Februari lalu. Terkait itu, Ketua Bappilu Partai NasDem Kabupaten Sumbawa Zulfikar Demitry angkat bicara.

 

"Selamat Hari Pers Nasional," ucap Fikar dikutip dari akun FB pribadinya.

 

Pers, lanjut Fikar, berperan penting sebagai pilar demokrasi dalam kehidupan bernegara.

 

Karena itu, ia berharap, kebebasan pers bisa membuat demokrasi bermartabat dan insan pers selalu memihak pada kebenaran dalam memberitakan fakta-fakta yang ada d itengah masyarakat.

 

Menurut Fikar, tentunya yang dimaksud adalah kebebasan pers yang profesional dengan menjunjung tinggi Kode Etik Jurnalistik (KEJ) sebagai landasan moral wartawan dan Undang-Undang 40 Tahun 2019 tentang Pers yang menjadi landasan hukum dalam menjalani tugas jurnalis.

 

Di era demokrasi seperti sekarang ini, Fikar menilai Undang-Undang tentang Pers sudah sangat baik secara yuridis formal, namun dalam implementasinya terkesan banyak media kurang menyuarakan kebenaran yang berdasarkan fakta.

 

"Di sini peran pers harus membuka ruang selebar-lebarnya bagi tumbuhnya kebebasan pers yang profesional dan bertanggung jawab dalam menyuarakan kebenaran berlandaskan pemberitaan yang berimbang dan adil," ungkap sarjana hukum dan magester hukum lulusan Universitas Airlangga, itu.

Tags:

Tinggalkan Komentar



Komentar

Image Description
John Doe
5 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. A doloribus odio minus, magnam nisi repellendus aspernatur reiciendis sit dignissimos expedita eius deserunt! Saepe maxime ipsam quo minus architecto at sequi.