IMG-LOGO-X
Home Berita Catatan Didin Maninggara : PENJABAT GUBERNUR NTB DIGANTI?
Beranda NTB

Catatan Didin Maninggara : PENJABAT GUBERNUR NTB DIGANTI?

Senin, 22 Januari 2024 847 Views 1 Comment
catatan-didin-maninggara-penjabat-gubernur-ntb-diganti

Foto: Lalu Niqman Zahir

 

Sebagai jurnalis dan Pemred GARANEWS.id, saya sejak seminggu ini mendapat kabar, Penjabat Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi diganti. Saya masih meragukan kabar tersebut. Pasalnya, Gita belum empat bulan menjabat. Ia dilantik pada 19 September 2023, bertepatan masa jabatan Zulkieflimansyah berakhir bersama Wakil Gubernur Siti Rohmi Djalillah.

 

Kabarnya, pengganti Gita  

adalah Lalu Niqman Zahir, Deputi Bidang Administrasi Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI). Gita maupun Nikman berasal dari Lombok.

 

Kabar Gita diganti semakin menguat dengan beredarnya tangkapan layar yang berisi Petikan Keputusan Presiden Nomor 124/30/17/298 tahun 2024 tentang Pemberhentian Masa Jabatan Penjabat Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat. Petikan Keputusan Presiden itu saya peroleh lima hari lalu.

 

Kabar ini saya konfirmasi ke Gita melalui WA, Minggu malam lalu. Sampai tulisan ini dibuat, pukul 20:50 Senin malam ini, tak direspons. Beberapa pejabat lain di Pemprov NTB, termasuk Penjabat Sekda Ibnu Salim juga saya WA, mengatakan belum tahu kabar tersebut. 

 

Begitu pun Guru Besar Universitas Mataram, Prof. Zainal Asikin saya komfirmasi. Ia mengatakan pergantian Gita masih simpang siur.

 

Eks Gubernur NTB Zulkieflimansyah juga saya komfirmasi. "Nggak tahu bang. Saya juga dapat fwd dari org," tulis Bang Zul di WA, merespons petikan Keputusan Presiden tersebut.

 

Senin siang, 22 Januari ini, kabar baru saya dapat. Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dikabarkan akan melantik Penjabat (Pj) Gubernur NTB pengganti Lalu Gita, Kamis, 25 Januari 2024 mendatang.

 

Informasi ini beredar sembunyi-sembunyi di kalangan pejabat Pemprov NTB.

 

“Pj. Gubernur NTB, Lalu Gita Ariadi akan diganti oleh Deputi Bidang Administrasi Setjen DPD RI, Lalu Niqman Zahir,” jelasnya.

 

Pergantian itu mulai mencuat usai Gita Ariadi dievaluasi kinerjanya oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada 20 Desember 2023 lalu.

 

Adapun Surat Keputusan (SK) pergantian Pj tersebut dikabarkan sudah keluar sejak tanggal 15 Januari 2024 lalu.

 

Sebagaimana diketahui, Gita Ariadi terpilih menjadi Pj Gubernur NTB pada 1 September 2023. Kemudian dilantik pada 19 September 2023.

 

Semakin menguat, pengganti Lalu Gita adalah Lalu Niqman Zahir, yang bergelar doktor, MSi birokrat tulen yang menjabat Deputi Bidang Administrasi Sekretariat Jendral Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia sejak 2020 sampai sekarang.

 

Lalu Niqman yang saya hubungi via telepon pukul 20:58 WITA malam ini, HP-nya tidak aktif.

Tinggalkan Komentar



Komentar

Image Description
John Doe
5 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. A doloribus odio minus, magnam nisi repellendus aspernatur reiciendis sit dignissimos expedita eius deserunt! Saepe maxime ipsam quo minus architecto at sequi.