IMG-LOGO-X
Home Berita Ratho Mendesah, Hukum Dijarah
Nasional

Ratho Mendesah, Hukum Dijarah

Rabu, 18 Januari 2023 110 Views 0 Comment
ratho-mendesah-hukum-dijarah

GARANEWS.id _ Ratho Priyasa. Pengacara handal kelas nasional. Lahir dan tinggal di Jakarta. Ayah dan bundanya orang Lunyuk, sebuah wilayah kecamatan di belahan selatan Kabupaten Sumbawa.

 

Dalam menjalani profesi kepengacaraannya, Ratho yang alumnus S1 dan S2 Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Jakarta, menjunjung prinsip hukum "Tajam ke atas dan tajam ke bawah". 

 

Tapi sebagai ilmuan hukum, yang ditopang pengalamannya di dunia advokat, ia mendesah. Di kolong batinnya, hati nuraninya, merasakan hukum dijarah.

 

"Sejak hukum itu dijarah oleh banjir rasionalisme dan rasionalisasi, maka ia menjadi institusi yang terisolasi dan asing," ungkapnya dalam bincang khusus bersama Ahmad Fuadi, Wakil Pemimpin Umum GARANEWS.id di Jakarta, Rabu, 18 Januari 2023.

 

Untuk itu, kata Ratho, menjadi tugas para ilmuwan hukum untuk mengutuhkan kembali hukum, menyatukan kembali hukum dengan lingkungan, alam dan orde kehidupan yang lebih besar.

 

Dia mengetuk hati para pemegang amanat hukum, agar hukum harus adil dan berkeadilan untuk semua.

 

"Jangan lagi penegakan hukum tumpul ke atas, tapi tajam ke bawah. Kasihan warga negara akar rumput, yang masih banyak hidup susah, apabila dipermainkan hukum," ucapnya, menutup perbincangan.

Tinggalkan Komentar



Komentar

Image Description
John Doe
5 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. A doloribus odio minus, magnam nisi repellendus aspernatur reiciendis sit dignissimos expedita eius deserunt! Saepe maxime ipsam quo minus architecto at sequi.