IMG-LOGO-X
Home Berita Pasokan Air Bersih di Kawasan Gili Tramena Bermasalah, LSM Garuda Indonesia Desak Pemkab Lombok Utara Segera Tangani
Daerah

Pasokan Air Bersih di Kawasan Gili Tramena Bermasalah, LSM Garuda Indonesia Desak Pemkab Lombok Utara Segera Tangani

Kamis, 11 Mei 2023 522 Views 0 Comment
pasokan-air-bersih-di-kawasan-gili-tramena-bermasalah-lsm-garuda-indonesia-desak-pemkab-lombok-utara-segera-tangani

GARANEWS.id _ Sektor pariwisata NTB, khususnya di Gili Trawangan, Meno dan Air (Tramena), Kabupaten Lombok Utara tak habis-habisnya dihadapi masalah. Mulai dari dampak terjadinya gempa tahun 2018 dan pandemi Covid-19 hingga masalah tanah yang dipersoalkan masyarakat setempat. 

 

Sektor pariwisata ini mulai menunjukkan geliat kebangkitan kembali pasca gempa dan Covid, kini muncul permasalahan baru, yaitu persoalan pengadaan air bersih untuk mendukung dan menunjang keberlangsungan jalannya bisnis pariwisata di tiga Gili tersebut.

 

“Beberapa waktu lalu pemerintah daerah telah menghentikan operasional PT Berkat Air Laut (PT BAL) dari PT Gerbang NTB Emas (PT GNE). Padahal selama ini, PT BAL yang mendistribusikan air bersih kepada warga dan masyarakat maupun para pelaku wisata di tiga Gili untuk pemenuhan kebutuhan dan aktifitas mereka sehari-hari,“ ungkap Direktur LSM Garuda Indonesia, M. Zaini kepada awak media, Kamis, 11 Mei 2023.

 

M. Zaini menjelaskan, untuk penyediaan air bersih di kawasan tiga Gili tersebut sudah dipenuhi/disuplai oleh PDAM Lombok Utara bekerjasama dengan PT Tiara Citra Nirwana (PT TCN), namun pemakaian air bersih PDAM sendiri masih sangat rendah karena PT TCN belum memiliki sarana dan prasarana pendukung yang memadai untuk melakukan distribusi air bersih. PT TCN juga belum melakukan operasional, walaupun sudah diresmikan oleh wakil Bupati Lombok Utara. 

 

Mengingat saat ini kebutuhan air bersih bagi masyarakat dan para pengusaha pariwisata di tiga Gili merupakan kebutuhan yang sangat mendesak yang perlu dipenuhi, maka M. Zaini mendesak PT TCN dan PDAM dapat dengan segera melakukan operasional untuk memenuhi kebutuhan air bersih di kawasan tiga Gili tersebut.  

 

Akan tetapi, tegas M. Zaini, ada hal mendasar yang perlu diperhatikan oleh Pemkab Lombok Utara, terutama oleh Wakil Bupati yang telah meresmikan PT TCN untuk bekerjasama dengan PDAM Lombok Utara, bahwa warga masyarakat di tiga Gili menolak keberadaan PT TCN dikarenakan pada saat melakukan sosialisasi pihak PT TCN menyatakan akan melakukan pengeboran dari bawah laut untuk aktifitas pemenuhan kebutuhan air bersihnya. Sehingga warga membuat petisi penolakan pembangunan PT TCN yang akan melakukan pengeboran karena dikhawatirkan akan mengakibatkan kerusakan lingkungan, baik di darat maupun di laut. 

 

Zaini mengingatkan, perairan Gili masuk kawasan konservasi dan apabila tetap dipaksakan akan dilakukan pengengeboran, maka percuma Gili masuk dalam kawasan konservasi, dan apabila aktifitas pengeboran yang dilakukan oleh PT TCN tetap dilakukan, maka bukan tidak mungkin perusahaan-perusahaan lain pasti juga akan melakukan hal yang sama.  

 

Oleh karena itu Direktur LSM Garuda Indonesia, mendesak Pemkab Lombok Utara untuk secepatnya mencarikan solusi pemecahan permasalahan terkait pengadaan air bersih di kawasan tiga Gili dengan tetap berpegang atau berpedoman pada aturan yang ada dalam memutuskan dan menjalankan kebijakan, terutama pada saat melakukan kerjasama dengan stakeholder swasta. 

 

Kemudian melakukan pemeriksaan dan pengawasan berkala, serta menindak tegas bagi masyarakat maupun perusahaan yang diduga/terindikasi melakukan pelanggaran dalam pemenuhan kebutuhan air bersih untuk aktivitasnya di tiga gili tersebut.

 

"Kalau Pemkab Lombok Utara tidak menyikapi ini dengan segera, kami LSM Garuda Indonesia akan melakukan Aksi besar-besaran di Pemkab KLU," ancam Zaini. 

 

Namun bukan berarti LSM Garuda Indonesia akan menutup diri dan tidak mau membuka pintu dialog, justru LSM Garuda Indonesia sangat terbuka apabila diundang untuk berdialog dan berdiskusi bersama dengan Pemkab apabila memang dibutuhkan untuk mencari solusi penyelesaian terkait permasalahan air bersih di kawasan tiga Gili tersebut.

 

“Karena pada dasarnya LSM Garuda Indonesia sangat mendukung sitkamtibmas yang kondusif terlebih di kawasan pariwisata, sebab situasi yang aman dan nyaman merupakan urat nadi berkembangnya suatu Kawasan wisata,” tutup Zaini.

Tags:

Tinggalkan Komentar



Komentar

Image Description
John Doe
5 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. A doloribus odio minus, magnam nisi repellendus aspernatur reiciendis sit dignissimos expedita eius deserunt! Saepe maxime ipsam quo minus architecto at sequi.