IMG-LOGO-X
Home Berita Jelang 2 Jam Tiba Waktu Buka Puasa, Banjir Bandang Terjang 8 Desa di Sumbawa dan 2 Jembatan Ambruk
Beranda NTB

Jelang 2 Jam Tiba Waktu Buka Puasa, Banjir Bandang Terjang 8 Desa di Sumbawa dan 2 Jembatan Ambruk

Rabu, 05 April 2023 78 Views 0 Comment
jelang-2-jam-tiba-waktu-buka-puasa-banjir-bandang-terjang-8-desa-di-sumbawa-dan-2-jembatan-ambruk

GARANEWS.id _ Selasa, 4 April 2023 pukul 16:00 WITA, banjir bandang menerjang Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat. 

 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumbawa Muhammad Nurhidayat menjelaskan, setidaknya delapan wilayah desa yang tersebar di tiga kecamatan terdampak banjir bandang tersebut yang disebabkan tingginya intensitas hujan dan sedimentasi di daerah aliran sungai.

 

"Ada delapan desa yang tersebar di tiga kecamatan yang terdampak banjir bandang. Tidak ada laporan korban jiwa akibat banjir tersebut," ungkapnya dalam keterangan resmi, yang diterima GARANEWS.id.

 

Ia menyebutkan tiga kecamatan yang dilanda banjir bandang, yakni Kecamatan Lenangguar meliputi Desa Lenangguar dan Ledang.

 

Banjir bandang di Desa Lenangguar terjadi di depan Kantor Camat Lenangguar. Air sungai meluap dan menggenangi jalan lintas Lenangguar sehingga transportasi masyarakat menjadi terganggu.

 

Nurhidayat menerangkan, banjir bandang di Desa Ledang melanda pemukiman warga yang berada di bantaran sungai. Banjir juga hampir melewati jembatan lintas desa setempat.

 

Banjir di Desa Empang Bawah, Kecamatan Empang menyebabkan pemukiman warga terendam air.

 

Di Kecamatan Moyo Hulu, lima desa yang dilanda banjir yakni Lito, Semamung, Brang Rea, Sebasang, dan Bage Loka.

 

Banjir bandang juga menyebabkan beberapa jembatan terputus, yakni jembatan penghubung Desa Lito dan Batu Tering, sedangkan jembatan gantung di Desa Semamung juga ambles diterjang banjir bandang.

 

"Dua jembatan tersebut ambruk diterjang banjir bandang dan tidak bisa dilewati lagi oleh kendaraan," ucapnya.

 

Menurutnya, dampak banjir bandang di Desa Brang Rea, Sebasang, dan Bage Loka, masih dalam asesmen petugas, baik jumlah warga terdampak maupun bangunan dan fasilitas lainnya yang mengalami kerusakan.

 

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan seluruh desa dan kecamatan yang terdampak bencana untuk bersama-sama melakukan pendataan secara menyeluruh dan melakukan penanganan, khususnya penyaluran bantuan tahap awal bagi warga yang terdampak banjir.

 

Ia menambahkan, bahwa BPBD Kabupaten Sumbawa bersama TNI, Polri, unsur desa dan kecamatan serta masyarakat setempat bersama-sama untuk melakukan penanganan dampak banjir bandang.

Tinggalkan Komentar



Komentar

Image Description
John Doe
5 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. A doloribus odio minus, magnam nisi repellendus aspernatur reiciendis sit dignissimos expedita eius deserunt! Saepe maxime ipsam quo minus architecto at sequi.