IMG-LOGO-X
Home Berita Indonesia Akan Beruntung Jika Anies Presiden, Pakar Luar Negeri: Tak Ada Capres yang Bisa Saingi Anies dalam Kemampuan Berdiplomasi di Pentas Global
Menuju Pilpres 2024

Indonesia Akan Beruntung Jika Anies Presiden, Pakar Luar Negeri: Tak Ada Capres yang Bisa Saingi Anies dalam Kemampuan Berdiplomasi di Pentas Global

Sabtu, 29 April 2023 161 Views 0 Comment
indonesia-akan-beruntung-jika-anies-presiden-pakar-luar-negeri-tak-ada-capres-yang-bisa-saingi-anies-dalam-kemampuan-berdiplomasi-di-pentas-global

 

GARANEWS.id _ Bakal calon presiden usungan Partai NasDem Anies Baswedan memiliki kemampuan dalam berdiplomasi di tingkat global. Bahkan di antara semua calon presiden yang ada saat ini tidak ada yang bisa menandingi mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut dalam bidang ini.

 

“Anies itu, kalau kita lihat dari calon-calon aspiran capres yang ada sekarang, enggak ada yang bisa menyaingi Anies dalam soal ini,” jelas pakar luar negeri Smith Alhadar dalam podcast “Dipimpin Anies, Indonesia Bisa jadi Game Changer di Indo-Pasifik” di kanal Youtube @Jurnal Politik TV, dilansir Kontenislam.com, Sabtu, 7 Januari 2023, yang dipublikasi ulang GARANEWS.id, Sabtu, 29 April 2023.

 

Kemampuan Anies berdiplomasi di dunia internasional, lanjutnya, tidak lepas dari latar belakang pendidikannya. Anies menyelesaikan master di bidang International Security and Economic Policy di Maryland University dan doktor Ilmu Politik di Northern Illinois University, keduanya di Amerika Serikat.

 

“Karena dia bersekolah di sana [AS], S2 dan S3. Dan rekam jejak terpenting dia ketika memimpin Jakarta itu sebenarnya Anies telah menjalankan politik luar negeri,” jelas penasihat Indonesian Society for Middle East Studies ini.

 

Kemampuan Anies dalam berdiplomasi ini terbukti saat dia membangun Jakarta International Studium (JIS) dan menyelenggarakan Formula E. Dalam membangun dan menjalankan kedua mahakarya tersebut, Pemerintah Pusat tidak mendukung bahkan memboikot terutama terkait ajang balap mobil listrik bertaraf internasional tersebut.

 

“Supaya proyek ini gagal. Karena ini dianggap proyek Anies yang bisa melejitkan namanya di panggung internasional. Sehingga semua BUMN menolak kerjasama dengan Anies,” beber Smith.

 

Namun, berkat kemampuannya berdiplomasi, Anies sukses, meski tanpa dukungan perusahan-perusahaan BUMN. Karena korporasi-korporasi raksasa dunia justru berbondong-bondong memasang iklan mendukung pelaksanaan ajang balapan “jet darat” tersebut.

 

“Tidak mungkin bisa berhasil kalau Anies tidak punya kemampuan diplomasi,” tegasnya.

 

Contoh yang paling menarik, adalah ketika Sekjen Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) Antonio Gutteres takjub mendengar pidato singkat Anies selaku Gubernur DKI Jakarta pada April 2021 lalu dalam forum virtual Dialogue Between C40 Mayors and UN Secretary General-Advancing Carbon Neutrality and Resilent Recovery for Cities and Bangsa.

 

Usul Anies dalam pidato yang hanya dua menit terkait kebijakan dari dampak perubahan iklim langsung diterima oleh Sekjen PBB. 

 

“Dan begitu habis dialog mereka, Sekjen [PBB] menyatakan, saya setuju dengan pandangan Anda dan dia [Sekjen PBB] ikuti,” terang Smith.

 

Lebih jauh lagi, Smith menjelaskan dalam pergaulan internasional, ada banyak instrumen yang dilakukan suatu negara dalam mempengaruhi negara lain:

 

Ia sebut yang pertama, lewat ekonomi, misalnya memboikot.

 

Kedua, mempermalukan negara target dengan mengeskpose kasus-kasus negara tersebut di dunia internasional.

 

Ketiga lewat perang.

 

Keempat melalui diplomasi secara umum.

 

“Nah yang lain itu adalah diplomasi umum. Ini murah, risikonya kecil. Tapi dia memerlukan kecanggihan dan kecerdasan pemimpin sebuah negara. Karena dia enggak ada modal kecuali ngomong bagaimana mempengaruhi lawan bicaranya,” ungkapnya.

 

Di antara bakal capres, katanya lagi, tidak ada yang memiliki kemampuan seperti Anies dalam berdiplomasi. Menurutnya, Indonesia akan diuntungkan kalau Anies yang menjadi pemimpin negeri ini periode mendatang.

 

“Ini kekuatan Anies. Ini modalnya. Karena itu saya sangat yakin kalau Anies menjadi Presiden Indonesia, Indonesia bisa mendapatkan keuntungan dari politik luar negeri itu. Karena lebih dari kapanpun di dunia global pada saat ini, politik luar negeri itu berperan penting,” tegasnya.

Tinggalkan Komentar



Komentar

Image Description
John Doe
5 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. A doloribus odio minus, magnam nisi repellendus aspernatur reiciendis sit dignissimos expedita eius deserunt! Saepe maxime ipsam quo minus architecto at sequi.