IMG-LOGO-X
Home Berita Ditetapkan Tersangka oleh KPK, Andhi Pramono Dicopot dari Kepala Bea Cukai Makassar
Hukum & Kriminalitas

Ditetapkan Tersangka oleh KPK, Andhi Pramono Dicopot dari Kepala Bea Cukai Makassar

Rabu, 17 Mei 2023 881 Views 0 Comment
ditetapkan-tersangka-oleh-kpk-andhi-pramono-dicopot-dari-kepala-bea-cukai-makassar

GARANEWS.id _ Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Kepala Bea Cukai Makassar, Andhi Pramono sebagai tersangka dugaan gratifikasi.

 

Juru Bicara KPK, Ali Fikri menjelaskan, penetapan Andhi sebagai tersangka setelah dilakukan klarifikasi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggaraan Negara (LHKPN), ditemukan ada kerugian negara.

 

Kementerian Keuangan mencopot Andhi Pramono dari jabatan Kepala Bea Cukai Makassar, Sulawesi Selatan. Keputusan itu diambil setelah Andhi Pramono ditetapkan sebagai tersangka kasus gratifikasi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

 

“Dalam rangka proses penjatuhan hukuman disiplin sesuai PP 94/2021 tentang Disiplin ASN yang bersangkutan dilakukan pencopotan dari jabatan,” ujar Direktur Komunikasi dan Bimbingan Pengguna Jasa, Nirwala Dwi Heryanto, dalam keterangannya, Senin, 15 Mei 2023.

 

Nirwala mengatakan, keputusan itu juga diambil setelah Kemenkeu membentuk tim pemeriksa dalam rangka proses penjatuhan hukuman disiplin berat. Hasil pemeriksaan yang dilakukan tim pemeriksa Kemenkeu disebut selaras dengan hasil temuan KPK. Video Terkini Oleh karenanya, Nirwala menegaskan, Kemenkeu menghormati proses hukum yang dilakukan KPK. Kemenkeu juga siap mendukung penuh langkah yang diambil KPK. 

 

Selain pencopotan jabatan, Kemenkeu masih akan menindaklanjuti hukuman kepada Andhi sesuai dengan keputusan dan pengaturan yang berlaku.

 

Hal tersebut sebagai komitmen Bea Cukai untuk memberantas pegawai yang melakukan pelanggaran integritas.

 

"Langkah tersebut sejalan dengan upaya Institusi untuk terus melakukan perbaikan dari sisi pengawasan, pelayanan, maupun manajerial untuk meningkatkan kepercayaan publik," ucapnya.

Tinggalkan Komentar



Komentar

Image Description
John Doe
5 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. A doloribus odio minus, magnam nisi repellendus aspernatur reiciendis sit dignissimos expedita eius deserunt! Saepe maxime ipsam quo minus architecto at sequi.