IMG-LOGO-X
Home Berita Bupati Sumbawa Mendatang Butuh Figur Baru (Episode 1)
Opini

Bupati Sumbawa Mendatang Butuh Figur Baru (Episode 1)

Rabu, 08 Maret 2023 167 Views 1 Comment
bupati-sumbawa-mendatang-butuh-figur-baru-episode-1

Selasa pagi yang cerah, 7 Maret 2023. Di kampus Olat Utuk, Pesantren Modern Internasional Dea Malela (PMI Dea Malela), saya ditanya oleh beberapa pendidik dan santri tentang figur ideal yang akan menjadi Bupati Sumbawa mendatang, pada Pilkada 2024.

 

Saya merenung sejenak. Sembari memandang pucuk Olat Utuk yang menyimpan sejuta cerita perjuangan heroik Dea Malela melawan penjajah Belanda tempo dulu.

 

Kemudian saya menjawab: "Subhanahuwataallah dan Insya Allah, semoga Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa yang akan dipilih pada Pilkada 2024 adalah dari pasangan calon yang amanah dan adil. Yaitu, pemimpin yang menempatkan kepemimpinan dan perjuangannya adalah berlandaskan iman dan takwa.

 

Sebagai bupati dan wakil bupati periode ke depan merupakan pemimpin yang harus dapat menjaga martabat, jika daerah yang dipimpinnya ingin hebat. Bukan pemimpin yang menebar banyak janji ketika kampanye. Bukan pula yang seolah kata pepatah "kancang lupa kulitnya". Lupa relawan yang berjuang siang malam berhari-hari, bahkan berbulan-bulan.

 

Artikulasi pemimpin yang amanah dan adil akan memiliki nilai hebat dan bermartabat, kalau dia menjadi panutan yang ditauladani dikarenakan oleh kekuatan personalnya yang ditandai oleh antara lain yang paling utama adalah cerdas secara intelektual dan emosional, istiqomah dalam upaya meneguhkan kualitas rohaniah dan spritualitas. Jangan dibalik, kelemahan personal dibalut menjadi seolah kuat dalam institusional pemerintahan yang dipimpin.

 

Sejauh yang saya amati sejak bertahun-tahun, menemukan titik kelemahan yang menyebabkan banyak kepala daerah di Indonesia, termasuk Sumbawa memiliki kualitas kepemimpinan yang rendah disebabkan lemahnya kualitas personal, meski dia hasil pemilihan dalam pilkada.

 

Karena itulah, mari kita cerdas dalam memilih, yaitu memilih calon Bupati dan calon Wakil Bupati Sumbawa yang memiliki keunggulan komparatif dan keunggulan dinamik.

 

Keunggulan komparatif, yaitu Kepala Daerah yang dipilih melalui pilkada 2024 nanti diharapkan berkarakter religius, kritis, kreativ, inovatif, dan memiliki semangat juang yang mampu membawa daerah bersaing pada era jauh ke depan.

 

Keunggulan dinamik meliputi toleran, peka sosial, demokratis dan bertanggung jawab. Semua hal itu, ujung-ujungnya bertumpu pada iman dan takwa dalam mewujudkan pemimpin pemerintahan daerah yang amanah dan adil. (Bersambung ke episode 2).

Tinggalkan Komentar



Komentar

Image Description
John Doe
5 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. A doloribus odio minus, magnam nisi repellendus aspernatur reiciendis sit dignissimos expedita eius deserunt! Saepe maxime ipsam quo minus architecto at sequi.