IMG-LOGO-X
Home Berita Bangun Pariwisata Sumbawa, Pemkab Ikuti FGD Penyusunan Dokumen Perencanaan Kawasan Pantai Gelora dan Sekitarnya
Pariwisata

Bangun Pariwisata Sumbawa, Pemkab Ikuti FGD Penyusunan Dokumen Perencanaan Kawasan Pantai Gelora dan Sekitarnya

Kamis, 30 Maret 2023 146 Views 0 Comment
bangun-pariwisata-sumbawa-pemkab-ikuti-fgd-penyusunan-dokumen-perencanaan-kawasan-pantai-gelora-dan-sekitarnya

GARANEWS.id _ Komitmen Pemerintah Pusat membangun infrastruktur dan Pariwisata di Kabupaten Sumbawa semakin menggeliat, setelah pembangunan Bendungan Beringin Sila di Kecamatan Utan. Saat ini sedang menggesa gagasan Penyusunan Master Plan Dokumen Perencanaan Kawasan Pantai Gelora Sumbawa dan sekitarnya.

 

Hal ini menjadi salah satu topik pembicaraan dalam acara FGD yang digelar oleh Kementrian PUPR di Jakarta, dari 27 -29 Maret 2023.

 

Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa hadir secara langsung dengan kekuatan penuh untuk memberikan masukan terbaik pada FGD tersebut. Yaitu, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Lalu Suharmaji Kertawijaya, Ketua Komisi III Hamzah Abdullah, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah ES. Adi Nusantara Husaini, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Dian Sidarta, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Pipin Shakti Bitongo, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Irawan Subekti, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Syafruddin Nur, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Yudi Patria Negara, Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (Perumdam) Batulanteh Abdul Hakim, Tim Ahli DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Ma'ruf Rahmat, serta Pengelola Pantai Gelora Mujib dan Joyis.

 

Sementara dari Pemerintah Pusat, hadir Kepala Subdirektorat Wilayah II Direktorat Sungai dan Pantai, Ditjen Sumber Daya Air, Subkoordinator Analisa Teknis Direktorat Rumah Swadaya, Ditjen Perumahan, Kepala Subdirektorat Wilayah II dan Perencanaan Teknis Direktorat Pengembangan Kawasan Permukiman, Ditjen Cipta Karya,

Perwakilan Direktorat Air Minum, Ditjen Cipta Karya, Perwakilan Direktorat Sanitasi, Ditjen Cipta Karya, Perwakilan Direktorat Sistem dan Strategi Penyelenggaraan Infrastruktur Permukiman, Ditjen. Cipta Karya, Perwakilan Direktorat Bina Teknik Bangunan dan Permukiman, Ditjen. Cipta Karya, Kepala Seksi Perencanaan Wilayah II Balai Prasarana Permukiman Wilayah Nusa Tenggara Barat, Ditjen. Cipta Karya, Kepala Seksi Pelaksana Wilayah II Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Nusa Tenggara I, Ditjen. 

Perumahan, Kepala SNVT PJSA Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara I, Ditjen. Sumber Daya Air. 

 

Demikian pula dari Pemerintah Provinsi NTB, hadir Sekretaris Dinas Perumahan dan Permukiman, Perwakilan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, 

Perwakilan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang dan Perwakilan Dinas Pariwisata. 

 

Dalam arahan sekaligus pembukaan kegiatan FGD ke 2 penataan Kawasan Pantai Gelora Kabupaten Sumbawa oleh Kasubbit Perencanaan Teknis Kusuma Wardani memaparkan agar dihasilkan dokumen yang disusun tidak hanya dokumen diatas kertas, tetapi juga dokumen yang bisa diimplementasikan di lapangan dan hasilnya dapat bermanfaat untuk masyarakat. 

 

"Cantolan dari kegiatan ini sudah diamanatkan dalam RPJMN dalam rangka untuk penanganan destinasi pariwisata nasional. Kami dari Kementerian PUPR mendukung pemenuhan infrastruktur, yang pertama pasti dasar, lalu yang kedua dalam rangka mendukung destinasi. Terkait dengan NTB masuk dalam kawasan strategis pariwisata nasional. Yaitu pulau Lombok. Lalu bagaimana dengan Sumbawa ? ungkapnya. 

 

Kemudian lanjutnya, karena Pulau Lombok adalah pulau besar tidak bisa dipisahkan dengan pulau-pulau yang ada di sekitarnya yang menopang berwisata. Hal ini sesuai dengan amanat PP 50 tahun 2021 tentang Rencana induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional tahun 2010 hingga 2025 di mana kita mensupport KSPN. Di sini KSPN Lombok, kita mengacu pada aturam PP 50 tahun 2020 tertulis destinasi pariwisata Nasional Pulau Moyo, Tambora dan sekitarnya. Disekitarnya ini beragam kita tafsirkan destinasi yang nggak kalah menarik yakni pantai Gelora yang akan kita kembangkan dalam rangka untuk mendukung destinasi pariwisata nasional. 

 

"Juga Perpres 18 Tahun 2020 dimana ada 10 destinasi pariwisata nasional sehingga tidak akan sukses tanpa mensupport area area disekitarnya.

 

Selanjutnya, dasar penugasan kita adalah amanat dari Menteri PUPR, melalui nota dinas Dirjen Cipta Karya untuk pengembangan destinasi pariwisata nasional di pulau Sumbawa ada 3 yakni kawasan pantai Gelora, yang kedua kawasan Desa Batu Rotok, dan ketiga Danau Lebo Taliwang.

 

"Dan ini sudah kita identifikasi dan ternyata Sumbawa luar biasa potensinya banyak sekali. Kita juga sudah mengidentifikasi destinasi yang bukan hanya pantai Gelora saja" tandas Kusuma. 

 

Disini ada Disposisi Bapak Menteri PU kepada dirjen, bahwa untuk di detailkan kegiatan dan membuat prioritas kegiatan. Dan dilakukan bersama- sama setiap tahapannya ini dengan pemerintah daerah. 

 

"Kita bersyukur pasca Pandemi ini yang diprediksi ada resisi, Alhamdulillah kita bisa melewatinya. P.elan pelan kita menyiapkan dokumen ini agar bisa mengangkat pulau Sumbawa yakni pantai gelora agar bisa lebih kuat lagi menghadapi pasca Pandemi, dengan penataan pantai Gelora siap menerima wisatawan dan kita siap juga dalam infrastruktur, pelayanan dasar sebagainya. 

 

Dengan spirit yang sama kita melibatkan berbagai stakeholder seperti sumber daya air, bidang perumahan, cipta karya, dan Pemerintah Kabupaten Sumbawa dalam perizinan, penyediaan lahan melalui hibah dan kesepakatan lainnya. Supaya tidak terjadi permasalahan di kemudian hari.  

Yang penting adalah komitmen pemeliharaan dan pengelolaan aset. 

Demikian pula proses Edukasi terhadap para wisatawan asing, domistik dan lokal dalam memelihara aset tersebut sangat penting pula. 

Negara maju terlihat dari mantainence asetnya. Agar aset kita bekerja dan tidak tidur. Apa yang kita bangun dapat memberikan manfaat sebesar besarnya. Kita mengawal aset ini menjadi income yang dapat membawa impact bagi masyarakat. kami mohon FGD agar infrastruktur yang dibangun membawa dampak ekonomi. 

 

Atas arahan tersebut Sekretaris dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi NTB Farida Rahmi ST. MT siap mensupport langkah langkah yang perlu dilakukan untuk kesuksesan penataan kawasan pantai Gelora Sumbawa. 

 

Demikian pula asisten ekonomi dan pembangunan sekretariat daerah kabupaten Sumbawa Lalu suharmaji STMT menegaskan bawa Pemda siap dan sangat mengapresiasi ikhtiar yang dilakukan Pusat untuk membagun pariwisata dan infrastruktur di Kabupaten Sumbawa

 

Selepas pembukaan, dilanjutkan dengan pemaparan hasil identifikasi lapangan dan diskusi serta sharing masukan dari berbagai elemen yang hadir.

Tinggalkan Komentar



Komentar

Image Description
John Doe
5 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. A doloribus odio minus, magnam nisi repellendus aspernatur reiciendis sit dignissimos expedita eius deserunt! Saepe maxime ipsam quo minus architecto at sequi.