IMG-LOGO-X
Home Berita Audiensi Dewan Pendidikan Sumbawa , Ketua DPRD Abdul Rafiq Siap Bangun Sinergi
Pendidikan & Agama

Audiensi Dewan Pendidikan Sumbawa , Ketua DPRD Abdul Rafiq Siap Bangun Sinergi

Jumat, 17 Maret 2023 70 Views 0 Comment
audiensi-dewan-pendidikan-sumbawa-ketua-dprd-abdul-rafiq-siap-bangun-sinergi

GARANEWS.id _ Pengurus Dewan Pendidikan Kabupaten Sumbawa periode 2023-2028 silaturrahmi dengan Ketua DPRD Sumbawa Abdul Rafiq, Jumat pagi, 17 Maret 2023. Ikut mendampingi, Sekretaris DPRD A Yani, dan Staf Ahli Banggar Abdul Ma'ruf Rahmat.

 

Pada kesempatan tersebut, Dewan Pendidikan menyampaikan beberapa program kerja ke depan, serta apa saja yang telah dilakukan selama menjabat sebagai Dewan Pendidikan.

 

Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Sumbawa Jamhur Husein mengucapkan terimakasih kepada Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq, karena telah berkenan menerima kehadiran mereka di ruangan kerjanya.

 

“Mewakili seluruh anggota Dewan Pendidikan, saya ucapkan terimakasih kepada Bang Rafiq, karena telah berkenan untuk menerima kunjungan dalam rangka audiensi sekaligus perkenalan Dewan Pendidikan yang baru,” ujar JH, akrab disapa. 

 

JH juga menyampaikan bahwa Dewan Pendidikan sangat butuh kerjasama yang baik dari DPRD Kabupaten Sumbawa agar Dewan Pendidikan dapat bekerja dengan baik.

 

“Besar harapan kami, DPRD Kabupaten Sumbawa mau mendukung segala sesuatu kinerja maupun program yang akan diajukan oleh Dewan Pendidikan, selama ini Dewan Pendidikan Kabupaten Sumbawa termasuk yang paling eksist di Provinsi NTB dalam memfasilitasi permasalahan pendidikan di Kabupaten Sumbawa meskipun dengan sokongan anggaran yang minim, namun berkat keikhlasan seluruh anggota, program kerja periode sebelumnya dapat berjalan, terlebih lagi bila sekarang dalam kepengurusan yang baru mendapat support dari DPRD akan bisa lebih gesit dan lebih luas jangkauannya," ungkapnya. 

 

Ditambahkan oleh Sekretaris Dewan Pendidikan Kabupaten Sumbawa Zainuddin, bahwa setelah dilantik oleh Bupati Sumbawa awal Maret lalu, lembaga banyak menerima keluhan dari orang tua maupun siswa dan tenaga kependidikan terkait kasus yang dialami, di antaranya kasus pencabulan, pengaduan perundungan, maupun tenaga kependidikan dari PPPK yang penempatan tugasnya tidak sesuai dengan formasi awal yang dilamar, bahkan juga lulus namun belum mendapatkan formasi.

 

Disamping itu, ada juga penangnan konsultasi psikologis bagi siswa yang mengalami kasus kekerasan, pelecehan seksual, hingga masalah kekurangan Rombongan Belajar (Rombel) dan guru juga diadukan ke Dewan Pendidikan Sumbawa.

 

Menanggapi hal tersebut, Abdul Rafiq mengungkapkan, bahwa dirinya sangat senang karena Dewan Pendidikan mau berkunjung ke kantor DPRD Kabupaten Sumbawa. Karena menurutnya, saat ini sangat banyak masalah pendidikan yang harus kita benahi dengan cara bersinergi.

 

“Terimakasih telah mau berkunjung ke rumah wakil rakyat, jujur sangat senang karena Dewan Pendidikan mau datang untuk berdiskusi serta bersilaturahmi dengan saya, banyak masalah pendidikan di Kabupaten Sumbawa yang harus kita bahas untuk kita cari jalan keluar yang terbaik,” kata Rafiq.

 

Abdul Rafiq mengatakan, DPRD Kabupaten Sumbawa akan mendukung program maupun kinerja Dewan Pendidikan Kabupaten Sumbawa sesuai dengan tupoksinya dari sisi legislatif.

 

“Saya akan mengajak Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa lainnya untuk mendukung program ataupun kinerja Dewan Pendidikan, dan Saya yakin jika DPRD mendukung, bersinergi dengan baik, pendidikan di Kabupaten Sumbawa akan semakin bagus dan baik. Maka tidak ada alasan untuk DPRD, untuk tidak mendukung Dewan Pendidikan,” ujae Rafiq yang juga Pembina PGRI Kabupaten Sumbawa.

 

Masih kata Rafiq, Dewan Pendidikan sejatinya mendukung Pemerintah Daerah, baik eksekutif maupun legislatif sehingga dengan kepengurusan yang baru, perlu disupport program dan anggarannnya sehingga Dewan Pndidikan ini bisa berfungsi secara maksimal, dan skema yang akan dilakukan seperti lazimnya Lembaga ataupun ormas lain dalam pengajuan anggaran kepada Pemerintah Daerah.

 

"Semua permasalahan pasti ada jalan keluarnya asalkan terbangun komunikasi yang baik dari para pihak" Imbuh Rafiq yang juga ketua DPC PDI Perjuangan Sumbawa.

 

Dalam pertemuan tersebut, kedua lembaga membahas program-program terkait peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Sumbawa, serta permasalahan pendidikan yang saat ini sedang dihadapi.

 

Dewan pendidikan dan DPRD Sumbawa bisa bersinergi dan berkolaborasi, karena di DPRD juga memiliki Komisi 4 yang menangani bidang pendidikan sehingga sewaktu-waktu misalnya kalau ada persoalan-persoalan pendidikan, Dewan pendidikan bisa diundang dalam menghasilkan rekomendasi bersama terkait dengan pendidikan, Hal ini saling menguatkan karena dalam kedua lembaga punya kompetensi dan kapasitas yang mendukung. 

 

Selain beraudensi, kunjungan tersebut juga sebagai ajang silaturrahmi antara pengurus Dewan Pendidikan periode baru dengan DPRD Kabupaten Sumbawa Di antaranya, Zainuddin SE (Ketua PWI) dan Jamhur Husain (Ketua SMSI), Dr Suharli dan Erma Suryani MPd dari Universitas Samawa (Unsa), Supriyadi dan Dr. Umar dari Univeristas Tekhnologi Sumbawa (UTS). Junaida Iriani MPd dari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Sanapiah SP.d dari Lembaga Profesi - PASI, Sri Wahyu Hidayati S.Psi (LPM Mitra Samawa), Jhon Kenedi SPd.MPd (Puspidaya) dan Ubaidullah SPd MPd dari PD Muhammadyah.

Tinggalkan Komentar



Komentar

Image Description
John Doe
5 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. A doloribus odio minus, magnam nisi repellendus aspernatur reiciendis sit dignissimos expedita eius deserunt! Saepe maxime ipsam quo minus architecto at sequi.