IMG-LOGO-X
Home Berita Asep Saepudin Jahar, Rektor Baru UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Pendidikan & Agama

Asep Saepudin Jahar, Rektor Baru UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Rabu, 01 Maret 2023 73 Views 0 Comment
asep-saepudin-jahar-rektor-baru-uin-syarif-hidayatullah-jakarta

GARANEWS.id _ Asep Saepudin Jahar menjadi Rektor Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta masa hidmat 2023-2037. Ia dilantik oleh Menteri Agama, di Aula Rasyidi, Kementerian Agama, Rabu, 1 Maret 2023.

 

Didin Maninggara selaku Pemred GARANEWS.id menghubingi Asep Saepudin Jahar melalui telepon Rabu malam ini, menyampaikan ucapan selamat atas jabatan baru pria yang menyandang gelar Profesor Doktor ini.

 

"Terima kasih Kang Didin, suatu saat kita perlu berbincang," ucapnya singkat.

 

Rekam Jejak Prestasi Akademik Asep

 

Asep Saepudin lahir di Menes, Kabupaten Pandeglang, Banten pada 16 Desember 1969. Ia adalah anak kedua dari dua bersaudara pasangan almarhum Sadeli dan almarhumah Masfiyah. Asep lahir dan dibesarkan di lingkungan keluarga yang taat beragama.

 

Kedua orang tuanya juga memiliki perhatian besar terhadap pendidikan agama anak-anaknya. Karena itu pula setelah besar, Asep lalu didorong untuk nyantri di Pondok Modern Gontor, Ponorogo, Jawa Timur.

 

Setamat dari Gontor tahun 1989, Asep kemudian melanjutkan kuliah ke IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Jurusan Perbandingan Mazhab Fakultas Syariah hingga selesai tahun 1994. Kemudian Asep mendapat beasiswa dari Canadian International Development Agency (CIDA) untuk melanjutkan kuliah S2 di McGill University Kanada, mengambil bidang Islamic Studies dan memperoleh gelar master tahun 1999.

 

Tak cukup sampai disitu. Asep juga terus belajar. Hingga kemudian mendapat beasiswa dari DA AD Jerman untuk kuliah S3 di Leipzig Univercity Jerman di bidang Bahasa Arab dan Filologi tahun 2005.

 

Asep Saepudin Jahar mengawali karir sebagai akademisi dengan menjadi dosen di Fakultas Syariah dan Hukum UIN Jakarta tahun 1996. Ia juga sebagai peneliti senior di Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) Jakarta sejak 2005 hingga sekarang.

 

Selain sebagai dosen dan peneliti, Asep juga pernah menduduki beberapa jabatan penting di kampus UII Yogyakarta, antara lain sebagai Kepala Penjaminan Mutu Fakultas Syariah dan Hukum tahun 2009, serta Kepala Pusat Layanan Humas dan Panduan Hukum periode 2013-2017.

 

Setelah itu ia berturut-turut menjadi Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Alumni dan Kerjasama Fakultas Syariah dan Hukum periode 2014-2015. serta Dekan Fakultas Syariah dan Hukum periode 2015-2019.

 

Setelah tak lagi menjadi Dekan, pria yang memiliki hobi olahraga tenis meja dan berenang ini kemudian diangkat menjadi Kepala Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) periode 2019-2023.

 

Namun belum lama jabatan baru yang diembannya berakhir, Asep diangkat menjadi Direktur Sekolah Pascasarjana UIN Jakarta. Ia menggantikan Prof Dr Jamhari yang kini menjabat Wakil Rektor Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII).

 

Di luar kesibukannya sebagai akademisi di UIN Jakarta, ayah dua anak ini juga memiliki sejumlah pengalaman dan jabatan lain, misalnya menjadi Asesor Program Studi pada Kementerian Agama sebagai reviewer independen jurnal di UIN Jambi sejak 2012, Asesor Badan Akreditasi Nasional perguruan tinggi sejak 2009 dan asisten direktur bidang akademik pada program pascasarjana Institut Ilmu AlQuran periode 2011-2014.

Tinggalkan Komentar



Komentar

Image Description
John Doe
5 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. A doloribus odio minus, magnam nisi repellendus aspernatur reiciendis sit dignissimos expedita eius deserunt! Saepe maxime ipsam quo minus architecto at sequi.